Rabu, 28 Oktober 2009

beli arloji yang katanya antik? hati hati...

belajar memang butuh pengorbanan.. juga belajar berburu arloji. Beberapa hari yang lalu, saya mencoba mengambil sebuah arloji seiko helmet dari seorang blogger. Deskripsi yang ditulis "mesin bagus, dial ori, bracelet juga ori"... sempat chatting lama juga dengan si penjual. Akhirnya, jadi juga saya transfer.

Paket sampai sehari, sesuai janji. Begitu saya buka, barang yang dideskripsikan dengan "bagus" itu, datang dalam keadaan hand detiknya copot. Saya coba pencet tombol chrono-nya.. dan hasilnya, hand chrono-nya juga ikut2an copot. Yang lebih bikin eneg lagi, ada grafiran nama di casing-nya.. kalau di caseback sih mendinglah, tapi ini digrafir di depan, tepat diatas lug-nya. Selain itu, hand jam, menit dan detik-nya kelihatan banget dicat ulang.. Saya coba reset chrono-nya, saya pikir telanjur basah deh, pengen tau kelanjutannya seperti apa..dan benar saja, hand jam dan menit (hand detik sih udah copot) berputar sendiri.. saya guncang sedikit, berputar lagi..

Alhasil, saya bawa aja deh ke toko reparasi. Si oom langganan servis saya ternyata mempunyai pikiran yang sama, bahwa hand jam,menit dan detik-nya dicat ulang katanya.. dan setelah dibongkar, movement-nya sudah berkarat sebagian.. dan pernya patah. kata si oom sih, sering kemasukan air makanya berkarat.

Apakah saya kapok membeli arloji via internet lagi? sepertinya tidak, karena saya yakin masih banyak penjual yang jujur, yang dengan gamblang mendeskripsikan kekurangan dan kelebihan dagangannya. Tapi kejadian ini membuat saya berpikir lebih panjang untuk membeli arloji via internet. Lebih baik COD deh, kalaupun beli via internet , lebih baik tanya sedetail mungkinl, mending dibilang cerewet.. daripada begitu ada kejadian diatas, kita complain, tapi sang penjual dengan santai cuma bilang, "mungkin jatuh waktu kirim, kan photonya udah jelas...bla bla bla". Saya pikir, kalau memang niatnya menjual dengan jujur, deskripsikan barang dagangan dengan jelas.. jangan punya pikiran, "ah, gue kan udah posting potonya, kalo emang gak keliatan jelas sih, salah pembeli dong ahhh.. "

halahhhhhh, cape dehhhh...

2 komentar:

vandalistan mengatakan...

sy sebagai pemula di dunia koleksi jam antik mengamini tulisan ini.hehe..lebih baik teliti sebelum deal. beli di toko masih agak mudah misalnya ada apa2, nah kalo di internet?..kalo sy biasanya research dulu di internet, dari web/blog2 kolektor2 yg lebih berpengalaman. dan sy pribadi belajar fokus di merk tertentu agar lebih menguasai medan utk merk tsb. :)

Anonim mengatakan...

Mending sekalian kasih inisial blog genrenya biar kapok tuh jualan barang asal