Senin, 03 Mei 2010

Variasi Case Arloji : Acier Staybrite vs Acier Inoxidable

Ada satu pertanyaan bagus mengenai casing Omega. bisa dilihat disini.

Kata Acier (perancis) sendiri berarti steel. Acier Staybrite ini secara harfiah berarti baja tahan karat. Acier staybrite ini biasa didapati pada stamp omega pra 1950-an. Ada artikel tentang Acier staybrite ini disini, yang merupakan pemegang trademark "staybrite' sekarang. Ada pendapat yang salah mengenai staybrite ini, sementara kalangan menyebut bahwa staybrite adalah "merek Inggris yang menunjukkan paduan stainless steel terdiri dari kromium 18%, 8% nikel dan 0,2% karbon, yang mudah dipolish dan digunakan untuk case jam tangan." (definisi Callwey Uhrenlexikon tentang Staybrite ).
Padahal staybrite ini masih digunakan di Swiss untuk bahan case arloji sampai saat ini.

Baja staybrite ini hanya digunakan secara eksklusif dan dipatenkan oleh industri jam Swiss.
Merek ini adalah milik Staybrite Firth AG sejak 1954, perusahaan ini telah digantikan oleh Hempel Special Metals SA di Dübendorf. Firth SA didirikan pada tahun 1919 di Swiss. Dengan nama Firth-Stahl-Verkaufs-SA, hal ini merupakan anak perusahaan dari Brown-Firth. Brown Firth dibeli oleh British Steel, yang dijual perusahaan pada tahun 1979 ke grup FW Hempel & Co.

Sementara Acier inoxidable sendiri mempunyai arti yang sama, baja tahan karat, sebetulnya "mungkin" sama saja dalam kandungan yang terdapat dikeduanya. Saya belum tahu, kapan terakhir Omega masih menggunakan "Acier Staybrite" dan men-stamp merk itu di caseback mereka. Sepertinya digunakan terakhir setelah Staybrite Firth AG mematenkan merk "staybrite" ini pada tahun 1954. Ini saya perkirakan (lagi-lagi hanya bisa memperkirakan, belum mendapat referensi yang jelas) karena arloji Omega setelah tahun tahun itulah yang memakai caseback dengan stamp "Acier Inoxidable" di tutup bagian dalamnya, dan tidak lagi menggunakan "Acier Staybrite". Apakah ini ada hubungannya dengan Hak patent yang pastinya membuat Omega harus membayar apabila menggunakan merk tersebut di arloji mereka?
ini adalah contoh caseback caliber 351 produksi tahun 1951 dan Omega caliber 501 produksi tahun 1958 ; dengan perbedaan antara "acier staybrite" dan "acier inoxidable" tersebut :



Tidak ada komentar: